Home / Regional / All News / Walikota Beserta Istri Ziarahi Makam Pendiri Kota Bandung

Walikota Beserta Istri Ziarahi Makam Pendiri Kota Bandung

ziarahmakamleluhurdiskominfoBANDUNG, matakota.com — Berangkat dari pendopo kota Bandung, Jl. Dalem Kaum, Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil didampingi ketua TP PKK Kota Bandung Atalia Ridwan Kamil serta sejumlah Pejabat Publik Pemerintah Kota Bandung melakukan ziarah ke makam para leluhur dan pendiri Bandung,Rabu (21/09/2016).

Ziarah tersebut merupakan rangkaian dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Bandung ke-206 dimulai dari belakang Mesjid Raya Bandung Prov. Jawa Barat, tempat makam Bupati Bandung ke-6 (1794 – 1829), Rd. Adipati Wiranatakusumah VI (Dalem Kaum) sebagai pendiri Kota Bandung.

Rombongan melanjutkan ziarah ke situs makam para Bupati Bandung di Jalan Karanganyar, R.H.A.A Wiranatakusumah, makam Bupati Bandung pertama Rd. Tumenggung Wira Angun-Angun (1641 -1709) yang bersebelahan dengan Pahlawan Nasional Rd. Dewi Sartika.

Sebelum berdoa untuk para leluhur dan pendiri kota bandung, Wali Kota Bandung n menyampaikan, ziarah ini sebagai penghormatan di Hari Jadi Kota Bandung, “Hari ini kita ziarah kemakam leluhur sebagai penghormatan pada mereka dan mendoakan para leluhur kita yang sudah berjuang untuk Bandung,” ujarnya.

Ditambahkan olehnya, tentu sebagai geberasi masa kini harus mengamalkan amalan-amalan untuk  mendoakan leluhur agar mereka diterima iman islamnya dan tentunya ditempatkan disisi yang terbaik yaitu di sisi Allah SWT. “Ada tiga hal yang tidak akan pernah putus, yaitu amal jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak-anak soleh yang mendoakan kedua orangtuanya. mudah mudahan doa kita hari ini bisa melapangkan alam kuburnya dan tentunya segala kebaikan dan semabgat leluhur kita bisa diteladani sehingga kota ini semakin hari semakin baik,” tuturnya.

Lanjut wali kota, di tahun ini Kota Bandung genap 206 tahun, “Perjalanan kota ini masih panjang, kita yang ditakdirkan Allah sedang menjabat memegang amanah dari rakyat harus bisa berikhtiar semaksimal mungkin untuk meminjam masa lalu dan menyiapkan masa deopan. hal ini diresapi dan akan diingat juga, suatu hari nanti oleh genrasi-generasi anak cucu kita sebagai generasi yang menyiapkan masa depan dengan baik untuk generasi berikutnya. itulah teladan yang kita pedomani dan atas nama pemkot bandung mari kita laksanakan ziarah ini sebaik-baiknya,” pungkas ridwan.

Setelah melakukan ziarah di situs makam karang anyar, rombongan melanjutkan ziarah ke Dayeuh Kolot, makam Bupati Bandung kedua, Rd. Ardikusumah yang terkenal dengan nama Demang Timbanganten (1681-1704) dan Makam Raden Tumenggung Anggadiredja I yang dikenal Dalem Gordah (1704-1747) di Kabupaten Garut.

Ziarah kubur makam para leluhur Bandung, diisi dengan tabur bunga dan pengiriman doa bagi arwah leluhur Bandung, para pemimpin Kota Bandung, serta pemberian sembako kepada penjaga makam. (RH04)

About andry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*