Home / Regional / All News / Walikota Bandung Serahkan Uang Kadeudeuh untuk Kafilah MTQ

Walikota Bandung Serahkan Uang Kadeudeuh untuk Kafilah MTQ

KadeudeuhMTQ_1BANDUNG, matakota.com — Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil menyerahkan uang kadeudeuh kepada para kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pada MTQ ke-34 tingkat Provinsi Jawa Barat. Hal ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kota Bandung atas prestasi para kafilah yang telah berhasil membawa nama Kota Bandung sebagai juara umum ajang tersebut untuk yang keenamkalinya secara berturut-turut.
Pemberian apresiasi tersebut dilakukan di Pendopo Wali Kota Bandung, Selasa (31/05/2016) dengan didampingi oleh Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, serta Sekretaris Daerah Kota Bandung sekaligus Ketua Umum LPTQ Kota Bandung Yossi Irianto.
“Bandung ini saya dengan Mang Oded sedang konsepkan untuk menjadi kota terbaik se-Indonesia. Kota terbaik itu definisinya dia seimbang lahir dan batin. Sisi lahirnya taman-taman sudah diperbaiki, trotoarsudah diperbanyak. Di yang batinnya juga ada Magrib Mengaji, Ayo Bayar Zakat, hal-hal yang sifatnya membangun kemasyarakatan. Para kafilah MTQ ini pun ada sebagai penyeimbang,” ungkap Ridwan.
Kota Bandung meraih perolehan 9 medali emas dari cabang Tilawah Remaja Putri, MHQ 5 Juz dan Tilawah Putri, MHQ 20 Juz Putra, MHQ 30 Juz Putri, Tafsir Bahasa Arab Putra, Tafsir Bahasa Arab Putri, Tafsir Bahasa Indonesia Putri, Syarhil Quran, dan Kaligrafi Kontemporer Putra. Tiap-tiap peraih medali emas mendapatkan uang kadeudeuh sebesar 45 juta rupiah.
Selain itu, Kota Bandung juga mendapatkan 5 medali perak dari cabang Tilawah Dewasa Putra, MHQ 1 Juz dan Tilawah Putra, MHQ 1 Juz dan Tilawah Putri, Kaligrafi Dekorasi Putra, dan Makalah Ilmiah Al-Quran Putra. Tiap-tiap peraih perak menerima uang kadeudeuh sebesar 30 juta rupiah.
Perolehan medali perunggu untuk Kota Bandung berasal dari 3 cabang, yakni Murottal Putri, Tafsir Bahasa Inggris Putri, dan Qira’at Sab’ah Putri. Para peraih perunggu masing-masing dihadiahi 25 juta rupiah oleh Pemkot Bandung.
Sementara itu, para kafilah yang tidak mendapatkan medali tetapi diberi apresiasi oleh Pemkot Bandung, termasuk juga kepada para pembina, official, pendamping, dan panitia yang seluruhnya berjumlah 153 orang. “Jangan lupa dibayar zakatnya,” ujar Ridwan.
Pemberian uang kadeudeuh ini sekaligus menutup rangkaian kegiatan MTQ di Kota Bandung. Namun Ridwan berpesan agar setelah ini, LPTQ Kota Bandung tidak boleh lengah untuk kembali mendapatkan juara pada ajang tahun depan. “Ciri orang yang kalah adalah orang yang lengah,” tuturnya.
Oleh karena itu, ia menghimbau kepada LPTQ Kota Bandung untuk senantisa berinovasi dalam menciptakan strategi-strategi baru.
Acara pemberian uang kadeudeuh diakhiri dengan tausyiah yang disampaikan oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial dan musafahah kepada seluruh perangkat kafilah yang hadir. (HM/R04)

About andry

One comment

  1. Hey, you used to write mangificent, but the last few posts have been kinda boring… I miss your great writings. Past several posts are just a little out of track! come on!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*