Home / Regional / All News / Sekda Pimpin Rakor HUT Pramuka Ke-55 Tingkat Kota Bandung

Sekda Pimpin Rakor HUT Pramuka Ke-55 Tingkat Kota Bandung

rakorhutpramukatingkatkotabandungdiskominfo_1BANDUNG, matakota.com — Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto memimpin Rapat Koordinasi Gebyar HUT Pramuka Ke – 55  Kwarcab Kota Bandung dirangkaikan dengan Perkemahan Bakti Kwarcab Kota Bandung Tahun 2016, di Ruang Tengah Balai Kota Bandung, Kamis (06/10/2016).
Dalam arahannya, Yossi menyampaikan kepramkukaan  Kota Bandung ingin menjadi era kebangkitan. “Dengan adanya peringatan HUT Pramuka yang ke-55, nantinya bisa membangkitkan kepramukaan khususnya di Kota Bandung,” ujarnya.
Yossi menambahkan, tujuan koordinasi hari ini  untuk membuat rencana kegiatan dan penyediaan fasilitas yang akan berlangsung di tempat tersebut. “Pada  Gebyar HUT Pramuka ke-55 tahun, banyak persiapan yang harus di paparkan dalam pertemuan hari ini, seperti fasilitas kebersihan, wc portable, dan tempat parkir,” jelasnya.
Ditambahkan Yossi, dengan hal tersebut diminta kepada tiap dinas atau tim yang mendapatkan tugas bisa melaksanakannya dengan profesional. “Seperti kebersihan dari PD Kebersihan, perairan dan WC Portable dari tim Tirtawening, Dapur Umum dari Dinas Sosial, Parkir oleh tim Satpol PP dan Dishub serta untuk atribut dan sebagainya diserahkan langsung kepada Dispora,” jelasnya.
Lanjut Yossi menambahkan, dengan terbaginya tim untuk melaksanakan kegiatan tersebut, ketika pada hari H kegiatan bisa terselenggara dengan lancar. “Mudah-mudahan untuk tim yang sudah mendapatkan tugas, bisa menjalankannya dengan baik, dan mensukseskan HUT Pramuka yang ke-55,” tuturnya.
Yosi berharap, mohon dukungan semua pihak, agar sukses terselenggaranya kegiatan pramuka ini sebagai kebangkitan pramuka di Kota Bandung. “Insya Allah dalam rangka HUT Pramuka bisa menjadi energi yang maksimal dalam kegiatan ke pramukaan di kota bandung,” pungkas Yossi.
Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda Pramuka Kota Bandung Fajar S menjelaskan, kegiatan ini merupakan puncak hari pramuka ke-55. “Rangkaian kegiatan HUT Pramuka yaitu dalam bentuk kemah bhakti yang diikuti oleh seluruh komponen peserta diantaranya siaga (SD), penggalang (SMP) dan penegak (SMA),” jelasnya.
Ditambahkan Fajar, kegiatan ini bertempat di Lapang Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung yang diselenggarakan hari Jumat sampai Sabtu tanggal 4-5 oktober 2016. “Mengambil tempat di GBLA, selain luas tempanya, ini juga milik pemerintah kota, jadi kita bisa gunakan senyaman-nyamannya. Selain itu, waktu penyelenggaraan 3 hari 2 malam, tapi sesuai arahan dari pak sekda menjadi 2 hari 1 malam,” jelasnya.
Lanjut Fajar menambahkan, kegiatan HUT Pramuka ini, terdapat rangkaian acara untuk tim Siaga yaitu siswa SD. “Dikarnakan siswa SD tersebut berkisar 7 – 10 tahun tidak boleh bermalam, maka kegiatannya didahulukan pada pagi hari. Jadi ada beberapa permainan dan perlombaan sampai siang hari, dan kegiatan untuk siaga berakhir pas upacara pembukaan HUT Pramuka,” jelasnya.  Fajar menambahkan, sore hari baru pembukan sekitar pukul 14-17 sore. “Dalam permbukaan tersebut terdapat atraksi, seperti terjun paying, atraksi drum band dan beberapa kelompok pramuka yang akan tampil menarik,” jelasnya.
Ditambahakan olehnya, untuk malam hari ada pentas seni, seperi api unggun. “Esok harinya, tanggal 5 November, ada lomba morse, lomba membuat poster, bakti penggalang, lomba foto kreatif, rangkaian bangunan dari bambu,” jelas Fajar.
Peserta, yang mengikuti HUT Pramuka Ke-55 ini berasal dari Kwarcab Kota Bandung, Kwaran Se Kota Bandung, terdapat tim Siaga (SD) terdiri dari 60 putra dan 60 putri, Penggalang (SMP) 64 putra dan 64 putri,  Penegak (SMA) 64 putra dan 64 putri serta Pembina. (RH04)

About andry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*