Home / Regional / All News / Sako Pramuka Paguyuban Pasundan Memberikan Spirit Baru

Sako Pramuka Paguyuban Pasundan Memberikan Spirit Baru

Sako Pramuka Paguyuban Pasundan Memberikan Spirit BaruBANDUNG, matakota.com — Sekretaris Daerah Kota Bandung sekaligus selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bandung menekankan bahwa Pramuka Kota Bandung ke depan harus menjadi teladan dengan mengedepankan aspek-aspek kekinian dalam pendidikan karakter. Pramuka harus berubah mengikuti perkembangan jaman sehingga akan tetap diminati oleh anak-anak.

Yossi meyakini bahwa Pramuka adalah wadah yang sedari dulu dipercaya dapat menumbuhkan karakter positif bagi anggotanya. Hanya saja, metode pendidikan karakter harus disesuaikan dengan cara pandang modern yang lebih berkembang. “Dulu kita mengenal Pramuka itu sebatas tali temali, lintas alam, dan sebagainya. Kita tidak akan meninggalkan ciri khas pramuka yang dekat dengan alam, tetapi kita tambahkan kegiatan-kegiatan modern yang mendidik dan menyenangkan,” kata Yossi usai melantik pengurus dan Majelis Pembimbing Satuan Komunitas Pramuka Paguyuban Pasundan Kota Bandung di Taman Pramuka, Rabu (29/3/2017).

Dirinya menjamin, tidak ada lagi praktik-praktik yang dapat mengerdilkan nama besar Pramuka. Sebaliknya, Pramuka Kota Bandung akan bangkit menjadi inovator dalam kepramukaan. “Pramuka kita harus lebih cerdas dalam menerjemahkan amalan yang terkandung dalam Dasa Dharma dan Tri Satya. Kita punya cara-cara yang lebih elegan untuk mengajarkan pendidikan karakter kepada adik-adik kita,” kata Yossi.

Satuan Komunitas Pramuka Paguyuban Pasundan yang baru saja dilantik, menurut Yossi, adalah salah satu komitmen yang ditunjukkan oleh Paguyuban Pasundan sebagai institusi penyelenggara pendidikan di berbagai tingkatan. Kwarcab Kota Bandung sendiri mengapresiasi langkah Paguyuban Pasundan. Yossi berharap akan lebih banyak komunitas lain yang memiliki kepedulian terhadap Pramuka. “Sako (Satuan Komunitas) ini adalah spirit baru bagi Pramuka Kota Bandung bahwa banyak institusi yang respek terhadap Pramuka. Maka kami berterima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Paguyuban Pasundan,” katanya.

Sako Pramuka Paguyuban Pasundan merupakan satuan di bawah naungan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bandung yang berfungsi mengkoordinasikan Pramuka-pramuka di gugus depan institusi Paguyuban Pasundan. Hal ini mencakup seluruh jenjang pendidikan, dari mulai SD hingga SMA.

Pengurus Sako yang diketuai oleh Erik Sudeni ini akan mengkoordinasikan kegiatan pramuka di sekolah-sekolah Pasundan. Sementara itu, Majelis Pembimbing Sako diketuai oleh Thomas Bustomi yang akan menjabat pada periode 2017-2022. “Kami berterima kasih kepada jajaran Kwartir Cabang Kota Bandung yang telah melantik kami. Ini akan kami jadikan sebagai spirit untuk menjadikan pramuka sebagai kegiatan positif yang disenangi oleh adik-adik kita. Kita akan terus berkomunikasi untuk menyinergikan kegiatan-kegiatan Pramuka di Kota Bandung,” ucap Thomas dalam sambutannya. (red04)

About andry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*