Home / Regional / All News / Penanda Kota Tua Bandung tak Sesuai Perwal
Folmer Silalahi, Komisi C DPRD Kota Bandung.

Penanda Kota Tua Bandung tak Sesuai Perwal

BANDUNG, matakota.com — Belalangan ini, Pemerintah Kota Bandung, giat melakukan pembangunan sejumlah gerbang atau gapura di beberapa kawasan. Pembangunan tersebut guna penanda kawasan kota tua di Bandung.
Namun demikian, pembangunan sejumlah tugu dan gapura kota tua Bandung ini, dinilai melanggar peraturan perundang-undangan yang berlalu. “Itu tidak sesuai dengan peraturan walikota. Karena dalam perwal tidak mengatur pembangunan gerbang (gapura) sebagai penanda kawasan kota tua,” ujar anggota Komisi C DPRD Kota Bandung Folmer Silalahi di Gedung Parlemen di Jalan Sukabumi Kota Bandung, Rabu (21/2/2018).
Peraturan yang dimaksud Folmer adalah Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 921 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Perda Kota Bandung Nomor 19 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya. Perwal tersebut tidak mengatur pembangunan gapura, melainkan tugu sebagai penanda kawasan kota tua Bandung.
Perwal itu juga mengatur tentang tata cara penggolongan dan penanda­an. Kawasan dan bangunan cagar ­budaya yang telah ditetapkan dengan keputus­an wali kota selanjutnya diberi tanda kawasan dan bangunan cagar budaya. Tanda kawasan cagar budaya itu berupa tugu untuk kawasan dan atau bangunan cagar­budaya, dan prasasti.
Folmer juga menyoroti pembangunan gapura yang mengambil sebagian ruang trotoar. Dalam aturan yang ada, di sebuah trotoar tidak boleh ada elemen-elemen yang menganggu pejalan kaki. Bahkan, menurut Folmer, kita sudah harus meninggalkan tiang listrik dan gunakan sistem dumping atau kabel listrik yang tertanam di tanah.
“Satu sisi pemkot melakukan perluasan trotoar, terus dengan pembangunan ini malah mengambil sebagian badan trotoar. Tidak sekalian saja gerbangnya ditutup dan digembok,” tukas politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. (edi)

About andry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*