Home / Regional / All News / Oded Berikan Arahan pada Kegiatan Pendidikan Khutbah

Oded Berikan Arahan pada Kegiatan Pendidikan Khutbah

odedberikanarahanpadakegiatanpendidikankhutbahdiskominfoBANDUNG, matakota.com — Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial memberikan arahan pada kegiatan Pendidikan Khutbah Jumat Pada Program Sosial Keagamaan, bertempat di Hotel Grand Guci Jalan Pasirkaliki No. 53-55 Bandung, Rabu (30/11/2016)

Oded menyampaikan, kegiatan ini dapat meningkatkan keagamaan, sistematika khutbah, serta moral spiritual. “Sehingga materi yang nanti diberikan oleh narasumber, perlu kita cerna dan dipraktekan dalam khutbah nantinya” jelasnya.

Ditambahkan Oded, Akar kata khutbah yaitu khotoba yahthubu khitbatan. “Yang artinya, Berbicara dari ilmu untuk disampaikan kepada khalayak,”ujarnya.

Pada prinsipnya Allah memberikan beberapa ungkapan ayat yang sama mengenai khutbah. “Pertama surat al anbiya : 73 yang isinya kita semua sebagai para pemimpin perlu tupokai yang jelas. Sehingfa jadikanlah kalian sebagai pemimpin dengan tupoksi yang sesuai, yaitu membimbing, edukasi, memberikan arahan serta membentuk karakter masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkan Oded, seorang imam harus memiliki potensi ahlak yang baik. “Sehingga bisa berkesinambungan, dengan ahlak yang baik maka membawa negara atau wilayahnya pun baik,” tuturnya.

Lanjut Oded menyampaikan, ada beberapa cara untuk memetakan tema dalam berdakwah. “Antara lain lingkungan, ekonomi, sosial, radikalisme, KDRT serta penyimpangan sosial. Nah tema tersebut sering digunakan untuk berkhutbah, dikarnakan mudah dan gampang dicerna jika disampaikan,” jelasnya.

Selain tema, topik pun perlu dipilih agar pada saat khutbah jumat bisa mudah disampaikan. “Ada beberapa topik yang sering digunkan antara lain mengenai lingkungan yaitu, islam dan lingkungan hidup, adab muslim dalam konteks lingkungan, keniscahyaan memelihara lingkungan alam, membangun ekonomi islami serta akibat buruk merusaklingkungan,” jelasnya.

Dengan demikian apabila kita sudah memilih tema dan topik, pasti pesan yang akan disampaikan akan gampang. “Mudah mudahan dengan kegiatan ini, kita sebagai pemimpin bisa menyampaikan khutbah dengan beberapa tehnik dan cara penyampaian yang benar,”pugkas Oded. (RH04)

About andry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*