Home / Uncategorized / Di Cipongkor KBB, Longsor Terjadi 2 Kali Sehari

Di Cipongkor KBB, Longsor Terjadi 2 Kali Sehari

KBB, eljabar.com — Masyarakat di manapun berada harus waspada sa

Aparat kepolisian membantu masyarakat yang terkena longsor di Kec. Cipongkor, KBB. (Foto: ist)

Aparat kepolisian membantu masyarakat yang terkena longsor di Kec. Cipongkor, KBB. (Foto: ist)

at memasuki musim hujan tahun ini. Ancaman nyata bencana longsor maupun banjir sudah banyak terjadi di berbagai daerah Jawa Barat.
Seperti di Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Dalam sehari, di kecamatan ini terjadi dua kali longsor, kemarin Rabu 25 November 2015.
Longsor pertama terjadi di Desa Girimukti pada pukul 21:00 wib. Tepatnya di Kp. Jeungjing RT/RW 01/06. Bencana ini mengakibatkan tanah tebing menimpa samping dua rumah permanen milik Ny. Anah, 70 tahun. Longsor juga menejang rumah milik Nurodin, 50 tahun.
Meski dalam kejadian ini hanya menimpa samping rumah dan tidak terdapat kerusakan pada rumah, namun tetap masyarakat diminta waspada.
Longsor kedua kalinya terjadi sekira pukul 24.00 wib di Kp. Pasirgombong RT/RW 03/06 Desa Girimukti Kec. Cipongkor KBB. Akibatnya, rumah permanen berukuran 7X6 meter persegi milik Feri, 23 tahun, mengalami rusak berat. Bahkan setengah bagian rumah roboh akibat longsor.
“Longsor juga mengakibatkan rumah permanen ukuran 6X6 meter psersegi milik Aan, 40 tahun, mengalami retak dibagian dalam rumah,” tegas Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Sulistyo Pudjo Hartono.
Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian dari kedua rumah ini diperkirakan mencapai Rp. 100 juta.
“Pihak kepolisian dan pihak terkait lainnya sudah melakukan cek TKP longsor, melakukan koordinasi dengan Pihak Desa dan Muspika Kec. Cipongkor, menghimbau pemilik rumah untuk tidak menempati sementara rumah yang terkena longsor dan memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar lokasi untuk mengantisipasi terjadinya longsor lanjutan,” tandasnya. (hge)

About andry

2 comments

  1. Longsor sulit diprediksi, harus tetap waspada

  2. Exltemery helpful article, please write more.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*